Selamat Datang di UNISFAT

Dalam waktu 5 hari, 3 (tiga) Program Studi pada Fakultas Ekonomi dan Ilmu Politik Universitas Sultan Fatah Demak di Visitasi.

Program Studi tersebut meliputi Program Studi Administrasi Niaga dengan Asessor Prof. Dr. Ir. Wahyudin Latunreng, MM dari STIAMI Jakarta. Serta Dr. Meyzi Heriyanto, S.Sos. dari UNRI pada tanggal 12-14 Juli 2016.

Selanjutnya pada tanggal 15-17 Juli 2 (dua) Program Studi sekaligus yaitu Program Studi Ekonomi Pembangunan oleh Dr. Idris, MS dari Universitas Negeri Padang dan Dr. Imamudin Yuliadi, SE., M.Si dari Universitas Muhammadiyah Yogyakarta serta Prodi Ilmu Komunikasi oleh Dr. Syaiful Rohim, M.Si dari UHAMKA dan Dr. Yasril Yazid dari UIN Riau.

Visitasi kali ini merupakan perpanjangan  yg habis masa berlakunya. Rektor dan  semua Civitas Akademika Universitas Sultan Fatah Demak maupun masyarakat Demak berharap bahwa hasil Asesment ini bisa mencapai peringkat baik sekali, Agar dapat bersinergi dengan kebutuhan peningkatan SDM masyarakat Demak dan sekitarnya.

Universitas Sultan Fatah  Demak Muhibah ke berbagai Negara, dalam upaya meningkatkan kualitas mutu pendidikan, UNISFAT Demak melakukan kerja sama dg berbagai Perguruan Tinggi di negara tetangga serta seminar internasional. Perguruan Tinggi yg di kunjungi meliputi  Universitas Sains Islan Malaysia, Kollege Universitas Antar Bangsa Malaysia, Fatony University Thailand, Jamiah Islamiah Syekh Daut Al Fatoni (JISDA) Thailand, Pengajian Tinggi Islam Darul Ma’arif (PETIDAM) patani Thailand.  Adapun dg Muhamadiyah Islamic Center dan Jamiah Education Center Singapura ditunda. Peserta Muhibah 21 Pimpinan PTKIS Jawa Tengah dg ketua delegasi Dr. Mufrod Teguh Muly yg merupakan Ketua Forum Komunikasi Kerja sama dalam bentuk pertukaran mahasiswa, pertukaran KKN mhsw, pertukaran Program Doktor, serta riset bersama. Sedangkan di JISDA Thailand juga dilaksanakan seminar internasional oleh 5 pemateri dari Indonesia. Bahkan Rektor Universitas Sains Islam Malaysia berharap Pakar/profesor2 muslim ASEAN melakukan riset bersama yg hasilnya dapat dipakai sebagai rujukan umat sedunia.

Mahasiswa Universitas Sultan Fatah (UNISFAT) Demak, membuat berbagai produk yang patut dibanggakan. Hal ini terungkap dalam acara kegiatan Penarikan mahasiswa yang telah selesai melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya di Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara.

Para mahasiswa peserta KKN selama 45 hari mencoba mengenali potensi setiap desa yang menjadi penempatan mereka. Kelompok mahasiswa yang KKN di Desa Telukwetan misalnya menghasilkan Produk Bolu Gula Jawa. Kemudian, Mahasiswa di Desa Sidigede membuat produk selai Rambutan dan Emping Biji Rambutan. Di Desa Ketileng Singolelo mereka memproduksi Pupuk Organik serta Jahe Instan. Sedangkan mahasiswa yang KKN di Desa Kendeng Sidialit memproduksi Es Krim Temulawak dan Kerupuk Kulit Pisang dibuat mahasiswa di desa Ujung Pandan.

Potensi besar yang terkandung dalam bahan pangan lokal membuat Kreativitas mahasiswa Universitas Sultan Fatah (UNISFAT) Demak terpacu, dengan mengkreasikan kulit pisang dan temulawak masing-masing menjadi Kerupuk serta Es Krim.

Ditangan Mahasiswa Universitas Sultan Fatah (UNISFAT) Demak, Kulit Pisang bisa diolah menjadi cemilan sehat sebagai kerupuk, satu diantaranya adalah Amalia, ia mendapatkan ide menjadikan kulit pisang sebagai kerupuk ini muncul ketika mereka menjalani praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara.

Selama ini, Kulit Pisang hanya dibuang setelah buahnya dimakan. bersama teman-teman KKN, akhirnya ia sepakat untuk menjadikan kulitpisang sebagai makanan yang enak dimakan. Kerupuk Kulit Pisang kreasi mahasiswa UNISFAT Demak ini dipamerkan saat demo produk mahasiswa KKN Universitas Sultan Fatah (UNISFAT) Demak.