Selamat Datang di UNISFAT

Mahasiswa Universitas Sultan Fatah (UNISFAT) Demak, membuat berbagai produk yang patut dibanggakan. Hal ini terungkap dalam acara kegiatan Penarikan mahasiswa yang telah selesai melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Posdaya di Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara.

Para mahasiswa peserta KKN selama 45 hari mencoba mengenali potensi setiap desa yang menjadi penempatan mereka. Kelompok mahasiswa yang KKN di Desa Telukwetan misalnya menghasilkan Produk Bolu Gula Jawa. Kemudian, Mahasiswa di Desa Sidigede membuat produk selai Rambutan dan Emping Biji Rambutan. Di Desa Ketileng Singolelo mereka memproduksi Pupuk Organik serta Jahe Instan. Sedangkan mahasiswa yang KKN di Desa Kendeng Sidialit memproduksi Es Krim Temulawak dan Kerupuk Kulit Pisang dibuat mahasiswa di desa Ujung Pandan.

Potensi besar yang terkandung dalam bahan pangan lokal membuat Kreativitas mahasiswa Universitas Sultan Fatah (UNISFAT) Demak terpacu, dengan mengkreasikan kulit pisang dan temulawak masing-masing menjadi Kerupuk serta Es Krim.

Ditangan Mahasiswa Universitas Sultan Fatah (UNISFAT) Demak, Kulit Pisang bisa diolah menjadi cemilan sehat sebagai kerupuk, satu diantaranya adalah Amalia, ia mendapatkan ide menjadikan kulit pisang sebagai kerupuk ini muncul ketika mereka menjalani praktek Kuliah Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kecamatan Welahan Kabupaten Jepara.

Selama ini, Kulit Pisang hanya dibuang setelah buahnya dimakan. bersama teman-teman KKN, akhirnya ia sepakat untuk menjadikan kulitpisang sebagai makanan yang enak dimakan. Kerupuk Kulit Pisang kreasi mahasiswa UNISFAT Demak ini dipamerkan saat demo produk mahasiswa KKN Universitas Sultan Fatah (UNISFAT) Demak.

Rektor Universitas Sultan Fatah Demak, Dra. Suemy, M.Si dalam sambutannya kepada para wisudawan, menyampaikan bahwa Universitas Sultan Fatah Demak Sejak berdiri pada tahun 2002 sampai dengan tahun 2015 ini telah berhasil melaksanakan wisuda program sarjana sebanyak 8 kali. Pada wisuda kali ini, Unisfat mewisuda 146 sarjana. Total 800 an sarjana telah berhasil diwisuda sejak mulai pertama Universitas Sultan Fatah Demak berdiri.

Sambutan dari Koordinator Kopertais X Wilayah Jawa Tengah Prof. Dr. H. Muhibbin, M.Ag. Dalam sambutannya kali ini, Prof. Dr. H. Muhibbin, M.Ag yang juga menjabat sebagai Rektor UIN Walisongo Semarang menyampaikan pentingnya pendidikan bagi generasi muda. Pentingnya untuk terus belajar meningkatkan kualitas diri, karena dengan pendidikan dapat mengantar seseorang menuju kehidupan yang lebih baik. Prof. Dr. H. Muhibbin, M.Ag juga berharap bahwa Universitas Sultan Fatah Demak, sebagai satu-satunya universitas di Kabupaten Demak, dapat terus maju dan berkembang. Mampu berbicara lebih banyak di tengah persaingan perguruan tinggi di kawasan pantura.