Profil

Print
PDF

Revolusi Mental Bangun Generasi Cerdas Akhlakul Karimah

Demak-Revolusi mental bukanlah hal mudah. Terlebih pada saat nilai moral bangsa sudah mencapai batas ambang mengkhawatirkan. Maka itu pembenahan secara preventif maupun rehabilitatif wajib segera dilakukan pada semua lini.

Universitas Sultan Fatah (Unisfat) Demak pun memillih “Peran Perguruan Tinggi Dalam Mewujudkan Revolusi Mental” sebagai tema perkuliahan umum atau stadium general mahasiswa baru angkatan 2014/2015, sebagai bagian upaya mencerdaskan generasi penerus bangsa yang akhlakul karimah.

Rektor Unisfat Dra. Suemy Msi menyampaikan, kebebasan bergaul, perubahan pola berpikir, masuknya pengaruh kehidupan barat diakui atau tidak telah mengikis adat serta norma ketimuran bangsa Indonesia. Budaya maulu sudah sirna, begitu pun etikas sopan santun, tepa selira, gotong royong telah luntur berganti sifat manipulatif, koruptif, hingga efek paling buruknya muncul degradasi moral.

“Karena itulah Unisfat sebagai institusi perguruan tinggi berupaya berpartisipasi aktif melaksanakan perannya mendidik masyarakat yang tak hanya bertujuan mencerdaskan namun juga mencetak lulusan yang berakhlakul karimah. Walaupun upaya prefentif paling baik adalah menyiapkan generasi muda yang cerdas dan berkarakter sejak bayi dalam kandungan” ujarnya, Minggu (12/10).

Sebab, menurut Suemy, kecerdasan anak 50 persen dipengaruhi faktor genetik dan 50 persen sisanya adalah keterpenuhan gizi. Sedangkan karakter terbaik dibentuk pada masa golden age atau saat anak dibawah usia lima tahun. Maka itu peran ibu yang cerdas pada masa golden age sangat diperlukan, begitu pun lingkungan keluarga yang harmonis penuh kasih sayang, media terbaik menyiapkan generasi antidegradasi moral.

Narasumber utama, Prof Dr H Muhibbin Mag dalam paparannya menyampaikan, ketika perguruan tinggi mampu memerankan peran strategisnya sesuai UU Nomor 12/2012 maka otomatis mahsiswa akan tervolusi mentalnya. Yakni berpikir, bertindak dan bersikap sesuai norma dan aturan.

“Tidak usah membuat aneka program baru dan muluk, asalkan benar-benar mengimplementasikan substansi UU Nomor 12/2012 maka lulusan yang dihasilkan pastilah generasi yang cerdas, sehat, dan berkepribadian luhur.

Asal-asalan

Ironisnya, lanjut Rektor IAIN Walisanga Semarang yang juga Ketua Kopertais Wilayah X Jawa Tengah itu, banyak perguruan tinggi saat ini bertindak asal-asalan. Yang diurusi hanya bagaimana mendapatkan mahasiswa sebanyak-banyaknya, tanpa mengimbanginya dengan penyediaan SDM pengajar yang berkualitas dan memenuhi kualifikasi, atau puun sarpras pendukung proses perkuliahan atau pembelajaran yang memenuhi standar.

Maka itulah sebagai pembina, Muhibbin menambahkan, pihaknya tak henti-hentinya memberikan masukan kepada pengelola perguruan tinggi untuk merekrut dosen-dosen fresh yang memenuhi syarat kualifikasi standar. Seperti minimal berpendidikan S2 linier dengan keahlian atau kompetensinya dan bersertifikasi.

Sedangkan kepada para mahasiswa, diimbau tak perlu berkecil hati ketika hanya diterima di perguruan tinggi bukan favorit. “Yang penting serius menuntut ilmu, dan berusaha menjadi yang terbaik dibidang keahlian yang diminati. Insyaalah berhasil menjadi manusia yang berguna bagi umatnya. Karena Allah SWT menaikan derajat umat-Nya yang berilmu dan memuliakan umat-Nya yang bermanfaat bagi sesama umat”, pungkasnya

Print
PDF

Profil UNISFAT

Universitas Sultan Fatah (UNISFAT) Demak merupakan perguruan tinggi yg didirikan oleh yayasan sultan fatah demak, dimana ijin penyelenggaraan pendidikan berdasarkan SK dirjend dikti depdiknas depdiknas no.255/D/O/2002.

Melalui manajemen akademis yg dimiliki, UNISFAT berkeyakinan mampu mendidik mahasiswa menjadi manusia yg menguasai ilmu pengetahuan dan tehknologi, iman dan taqwa yg kuat, serta berbasis akhlaqul karimah.

VISI

Universitas Sultan Fatah Demak merupakan pusat pengkajian dan penyebarluasan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni yg mengakar kepada kebutuhan masyarakat lokal, nasional, dan global yg berbasis iman dan takwa

MISI

  • Menyelenggarakan program sarjana berorientasi pada kebutuhan masyarakat dalam rangka peningkatan kualitas hidup dan kehidupan
  • Melaksanakan penelitian dan pengkajian ilmu pengetahuan dan teknologi dan seni sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi serta kebutuhan masyarakat akan peningkatan kualitas hidup dan kehidupannya
  • Melaksanakan peran untuk bekerjasama dengan pemerintah dan masyarakat dalam mengembangkan sumber daya manusia yg memiliki keahlian profesional seiring dengan tuntutan masyarakat

 

11 PROGRAM STUDI (Prodi) UNISFAT TELAH TERAKREDITASI

 

Masing-masing sebagai berikut

A. FAKULTAS TEKNIK (FT)

1.  Prodi Teknik Informatika (TI) : Ter -AKREDITASI

2.  Prodi Sistem Komputer ( SISKOM) : Ter -AKREDITASI

3.  Prodi Teknik Sipil (TS) : Ter -AKREDITASI

4.  Prodi Teknik Arsitektur (TA) : Ter -AKREDITASI

5.  Prodi Teknik Elektro (TE) : Ter -AKREDITASI

6. Prodi Teknik Mesin (TM) : Ter -AKREDITASI

B. FAKULTAS ILMU EKONOMI DAN SOSIAL (FEIS)

1.  Prodi Ilmu Komunikasi (IKOM) : Ter -AKREDITASI

2.  Prodi Ekonomi Pembangunan (EP) : Ter -AKREDITASI

3.  Prodi Administrasi Negara (ANE) : Ter -AKREDITASI

4.  Prodi Administrasi Niaga (ANI) : Ter -AKREDITASI

C. FAKULTAS AGAMA ISLAM (FAI)

1.  Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI Kependidikan) : Ter -AKREDITASI